Ketika
seseorang melamar kerja untuk sebuah posisi, tentu ia wajib menunjukkan
bahwa dirinya memiliki skill yang diminta. Namun akan lebih baik lagi
jika kandidat tersebut memiliki banyak skill lain yang dikuasai.
Perusahaan memilih untuk memanggil kandidat berdasarkan dengan skill yang dicantumkan dalam CV (Curriculum Vitae) relevan dengan kualifikasi yang dipersyaratkan perusahaan untuk menyaring kandidat.
Perusahaan memilih untuk memanggil kandidat berdasarkan dengan skill yang dicantumkan dalam CV (Curriculum Vitae) relevan dengan kualifikasi yang dipersyaratkan perusahaan untuk menyaring kandidat.
Skill dalam CV

Ada beberapa keterampilan utama yang dapat berkontribusi atas keberhasilan sebuah pekerjaan, tergantung apa posisi dan tanggung jawab yang akan diemban.
Keterampilan utama ini terbagi atas 2 kelompok, yaitu hard skill dan soft skill.
Hard skill adalah skill atau keterampilan yang dimiliki melalui kursus atau pendidikan tertentu. Sementara itu soft skill atau interpersonal skill adalah skill yang diperoleh melalui pengalaman pribadi dan profesional serta kualitas individu itu sendiri.
Contoh hard skill:
- Kemampuan berbahasa asing
- Pengetahuan umum
- Matematika
- Penulisan
- Analisis data
- Kemampuan kerja sama yang baik
- Persuasif
- Antusiasme
- Kesadaran dirinya
- Dedikasi atau loyalitas
Keterampilan Komunikasi

Keterampilan berkomunikasi dapat mempengaruhi produktivitas suatu perusahaan. Apabila suatu perusahaan memiliki karyawan yang terampil dalam berkomunikasi kepada atasan, rekan kerja atau pun customer maka produktivitas akan lebih baik.
Anda bisa mencantumkan poin-poin di bawah ini dengan nilai kemampuan komunikasi yang Anda miliki seperti buruk, sedang, atau baik.
- Non-verbal
- Verbal
- Mendengarkan
- Kejelasan berbicara
Organisasi

Keterampilan organisasi adalah beberapa keterampilan kerja yang paling penting, mencakup seperangkat keterampilan yang membantu seseorang untuk merencanakan, memprioritaskan, dan mencapai tujuannya.
Beberapa poin yang bisa Anda cantumkan di CV diantaranya sebagai berikut :
- Pembuatan keputusan
- Pengaturan waktu
- Mendelegasikan tugas
- Perencanaan
Kemampuan Kepemimpinan

Karyawan yang sudah memiliki jiwa kepemimpinan pastinya akan membawa perusahaan untuk memiliki performa yang lebih baik pula. Berikut adalah komponen yang perlu ditingkatkan untuk memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.
- Memberikan feedback
- Tanggung jawab
- Fleksibilitas
- Komitmen
Keterampilan Komputer

Seiring dengan teknologi yang semakin maju, maka hampir semua aspek pekerjaan membutuhkan keterampilan mengoperasikan komputer. Maka skill ini menjadi salah satu yang wajib dicantumkan pada CV.
- Presentasi
- Mengetik
- Analisis data
- Sistem administrasi
Sosial

Hampir setiap pekerjaan memerlukan keterampilan sosial. Apalagi jika bekerja dalam tim, Anda harus bisa bergaul dengan orang lain. Pekerjaan tidak akan berjalan baik jika Anda tidak bisa bergaul dengan rekan kerja sendiri. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun keterampilan sosial.
- Kerja sama tim
- Empati
- Kesabaran
- Kepercayaan
Hal yang Dicari Perusahan dalam CV Pelamar Kerja
Pada dasarnya setiap perusahaan menginginkan kandidat dengan skill umum yang memang relevan dengan kualifikasi yang ada. Namun ada juga perusahaan yang mencari skill tertentu bagi industri mereka.Lima skill yang paling sering diminta dalam iklan lowongan kerja adalah:
- Manajemen waktu
- Berpikir kritis
- Keterampilan sosial
- Fleksibilitas
- Berkendara (menyetir mobil atau motor)
Tata Letak untuk Menempatkan Skill dalam CV
Perekrut harus memeriksa ratusan CV dan surat lamaran kerja. Agar lebih mudah dan tidak memakan waktu, sebaiknya informasi mengenai skill diletakkan pada bagian awal paragraf CV. Cara ini akan mempercepat keputusan perekrut untuk mengundang pelamar kerja atau tidak.Sebagai referensi Anda bisa mencontoh beberapa CV terbaik di bawah ini.
TheUndercoverRecruiter: What Skills Should Candidates Include in Their Resumes?
__________
0 komentar:
Posting Komentar